Melihat Kiprah PDAM 'Tirto Panguripan' Kabupaten Kendal

 Melihat Kiprah PDAM 'Tirto Panguripan' Kabupaten Kendal, Melakukan Evolusi Teknologi dan Menghentikan Out Sourching

Sebagai sebuah perusahaan, PDAM 'Tirto Panguripan' senantiasa melakukan berbagai terobosan, guna meningkatkan mutu pelayanan, efisiensi dan kemajuan perusahaan. Seperti apakah? AGUNG FIRMANSYAH, Kendal.
SEBAGAI sebuah perusahaan daerah, PDAM 'Tirto Penguripan', senantiasa dituntut agar menjadi sebuah perusahaan yang sehat, profesional, serta mampu memberikan pelayanan prima. "Secara bertahap, kami senantiasa berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan profesionalisme manajemen dan kinerja manajemen, dengan tidak melupakan konstribusinya ke Pemerintah Daerah," ujar Direktur Utama PDAM, H. Agus Tri Suharyono, SE, MM, Rabu (8/1). 

         
Untuk menjadi lebih baik, PDAM pun secara bertahap melakukan evolusi. Jika sebelumnya namanya hanya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) saja, maka pada tahun 2008 silam, dibelakang PDAM ditambahi kata 'Tirto Penguripan' yang memiliki makna, air sebagai sumber kehidupan. Air bersih yang diproduksi oleh PDAM diharapkan dapat menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat, mendatangkan kemanfaatan guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, menunjang pembangunan daerah serta menjaga kelestarian lingkungan.

 

"Tirto Panguripan, juga merupakan sumber kehidupan, khususnya bagi pegawai PDAM, sehingga diharapkan dapat mendorong semangat dan etos kerja bagi seluruh pegawai PDAM, guna mengabdikan dirinya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi air bersih PDAM dalam rangka turut serta menjadi bagian tidak terpisahkan dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat," ujar Dirut yang telah menjabat dua periode ini.

Agus Tri Suharyono, pertama kali menjadi Dirut PDAM pada tahun 2006, dan diangkat kembali pada tahun 2010 silam. Pada waktu pertama kali menjadi Dirut, jumlah pelanggan PDAM tercatat sebanyak 35.812 pelanggan dengan jumlah karyawan 149 orang. Per Januari 2014, jumlah karyawan PDAM bertambah menjadi 217 orang sedangkan jumlah pelanggan per Desember tercatat sebanyak 55.635 pelanggan. Bertambahkan jumlah tenaga kerja tidak terlepas karena semakin bertambahnya jumlah pelanggan yang naik secara signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Disamping itu, berdasarkan Keputusan MK nomor: 27/ PPU- IX/ 2011, perusahaan sudah tidak diperkenankan lagi menggunakan tenaga out sourching sehingga 24 tenaga out sourhing lapangan, diganti seluruhnya.  Lowongan tenaga kerja di PDAM 'Tirto Penguripan' Kendal, diminati oleh 460 pelamar. Sedangkan yang dibutuhkan hanya 60 orang. Dari 460 pelamar tersebut, setelah dilakukan seleksi administrasi tercatat hanya 257 orang yang memenuhi syarat, selebihnya tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Sebanyak 108, peserta yang lolos ujian TPA , selanjutnya mengikuti tahapan psikotes yang diselenggarakan di Gedung PKPN Kendal.


Adapun 60 lowongan tenaga kontrak terdiri dari Teknik Informatika (operator komputer), Teknik Bangunan (pemeliharaan dan perbaikan bangunan), Teknik Mesin (pemeliharaan dan perbaikan mesin), Pembukaan (kasir dan pelaporan), Petugas Lapangan, Pengelolaan Pajak, Pengelolaan Kearsipan, Pengelolaan Lingkungan, Pengelolaan Akutansi dan Pelaporan, Psikologi, Pengelolaan Komputerisasi/ programmer, Pengadaan Barang dan Jasa, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Biologi (analis laboratorium) serta Sosial (Humas dan CSR).

Selain menambah jumlah tenaga kerja mulai tahun 2010 silam, PDAM menerapkan sistem pencatatan meteran dengan menggunakan pemotretan melalui ponsel, agar bisa lebih cepat dan datanya lebih akurat. "Kami harapkan, tenaga baru yang baru direkrut, dapat bekerja lebih bersemangat dan bertanggungjawab. Misalnya, jika diketahui ada lonjakan jumlah pemakaian air, dapat segera dilaporkan ke cabang, barangkali ada sambungan yang bocor," imbuhnya.

Perkembangan menggembirakan lainnya adalah, sejak bulan Juli 2013, pelanggan PDAM 'Tirto Panguripan' yang telah membayar tagihan rekening air, langsung akan menerima sms dari perusahaan yang isinya memberitahukan, kalau yang bersangkutan telah melunasi kewajibannya. Adapun isi sms tersebut adalah: 'Pembayaran rekening bulan.../ thn ..., noSR ... telah kami terima tanggal ..., bl ...., tahun ...., jam .......

"Ini merupakan salah satu bentuk hubungan interaktif antara PDAM dengan pelanggan. Namun belum seluruh pelanggan menerima sms tersebut karena pelaksanaannya dilakukan secara bertahap," ujarnya. Menutup wawancaranya Agus menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh masyarakat, khususnya para pelanggan PDAM, bupati dan anggota dewan yang telah ikut membesarkan PDAM Tirto Panguripan. Mulai Senin (20/1) mendatang PDAM berrencana akan menempati kantor barunya di Jalan Pemuda Kendal, karena sebagian telah selesai dibangun dan sudah dapat digunakan.

 

 

 

 

Layanan PDAM
904163
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
All days
467
900
1918
4640
6420
904163
Your IP: 54.196.190.32
Server Time: 2018-11-14 18:37:25

Who's Online

We have 130 guests and no members online

Contact Us

Call : +62 294 381165 - 381315
Fax : +62 294 3816060
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Web : www.pdamkendal.com

Facebook PDAM KendalTwitter PDAM KendalThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.Youtube PDAM KendalRSS PDAM Kendal